LibreOffice Conference Indonesia 2018 Keren !

Telah selesai acara LibreOffice Conference Indonesia, Surabaya 23 – 25 Maret 2018 tepatnya di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Saya berkesempatan untuk bisa menghadiri acara tersebut meskipun tidak full acara saya ikuti, terutama pada hari Jumat, 23 Maret 2018 saya belom berada di lokasi. Padahal hari pertama adalah Lokakarya dengan materi Build Test dan Penerjamahan LibreOffice yang dipandu oleh bapak Andika Triwidada.

Hari kedua yaitu hari sabtu, 24 Maret saya tiba di Surabaya dan langsung menuju PENS diantar oleh teman satu daerah (Provinsi Lampung) yang kebetulan sudah lama tinggal di Surabaya. Sesampainya disana saya melihat banyak peserta, banyak teman-teman dunia maya yang akhirnya terlihat wujudnya. Acara ini sekaligus mempererat persaudaraan dan semangat berbagi pengetahuan tentang FOSS, teknologi dan khususnya LibreOffice. Saya sangat bersyukur karena kedatangan saya dihari kedua masih sempat menyaksikan keynote dari Franklin Weng dengan judul “How to promote ODF/LibreOffice — What We Have Done in Taiwan” dan “Digital Signature” dari bapak  Riki Arif Gunawan – Kasubdit Teknologi Keamanan Informasi – Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kepentingan utama saya menghadiri acara ini adalah karena saya berkesempatan untuk membawakan sebuah materi yang sudah saya ajukan kepada panitia. Alhamdullah, abstrak materi saya diterima dengan judul “Ngods – Simple Editing Ods File in Website”. Tanggal 25 Maret 2018 pukul 11:45 adalah jadwal saya untuk menyampaikan meteri tersebut. Awalnya saya masih ragu dengan materi tersebut, namun dibalik sebuah keterbatasan ada rekan-rekan GLiB (GNU/Linux Bogor) yang mendorong saya untuk tetap mengajukan materi tersebut.

badge

Materi itu timbul karena saya ingin mencoba membuat sesuatu yang berkaitan dengan LibreOffice dengan kamampuan yang baru saja saya miliki. Terhitung belom genap setahun saya mengenal Django, disitulah saya tertarik untuk mencoba riset membuat sebuah web aplikasi yang berguna untuk menyunting berkas ods secara sederhana. Tak pernah berhenti untuk terus belajar, acara ini juga termasuk cara saya untuk belajar berbicara di depan umum, mengasah dan memperdalam pengetahuan didunia pemrograman web serta menambah wawasan tentang LibreOffice dan FOSS.

Acara ini menurut saya sangat sukses, dari antusias peserta yang datang dari bebagai daerah, seperti Lampung, Bogor, Jogja, Semarang, Jakarta dan masih banyak lagi. Belum lagi ketika sesi pertanyaan, tak malu-malu para peserta bertanya dengan atau tidak diiming-imingi hadiah oleh panitia. Tak cuma itu, kemeriahan juga terlihat di luar kelas yaitu di area pameran. Setiap sesi istirahat dan Tea break pasti para peserta memenuhi area pameran. Saya perhatikan panitiapun sangat kompak, semua tersusun dan terkoordinir dengan baik, mantab deh buat panita mulai dari komunitas dan mahasiswa PENS.

Momen ini tidak saya lewatkan begitu saja, untuk kalian yang tidak bisa hadir mungkin dokumentasi perjalanan saya ke LibreOffice Conference Indonesia 2018 ini sidikit bisa menggambarkan acara disana.

Selamat menyaksikan dan sampai jumpa di acara keren lainya.
Mari berbagi ….. !

sponsored-by-libreoffice

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s