openSUSE.Asia Summit 2016 : Momen berharga untuk berbagi

Hello guys, saya ingin bercerita tentang momen berharga saya di acara openSUSE.Asia Summit 2016 sebagai pembicara pada sesi lighting talk. Seperti yang tertulis pada opensuse.id “Rangkaian acara keren openSUSE.Asia Summit 2016 telah usai, workshop pra-konferensi Jumat, 30 September 2016, konferensi utama pada hari Sabtu-Minggu, 1-2 Oktober 2016 Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Menghadirkan sebanyak 38 pembicara dari dalam negeri dan dari luar negeri yaiu China, Jepang, Jerman, dan Taiwan, mereka berbagi pengalaman terkait openSUSE dan gerakan opensource, terbagi dalam workshop, long talk, short talk dan lighting talk”, saya berkesempatan berbagi pengetahuan pada sesi lighting talk tepatnya pada Sabtu, 1 Oktober 2016 Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

img_5472Materi yang saya bawakan berjudul “How to make bumper video openSUSE using inkscape and Synfig“. Ini momen pertama saya berbicara di depan ratusan pasang mata. Gugup sudah pasti, namun semua bisa berjalan dengan baik dengan banyaknya dukungan dan bully-an rekan-rekan GLiB (GNU/Linux Bogor) dan para pengembang BlankOn yang membangun semangat dengan cara yang unik dan berbeda.

img_5667Tak melulu mengenai hal teknis maupun materi seputar FOSS, openSUSE, Community dan hal-hal berbau IT, kami berbagi banyak hal antar pembicara maupun peserta mengenai pengalaman, kota asal, cerita lucu hingga kejahilan yang muncul secara spontan. Walaupun hanya sedikit yang saya bisa bagikan, namun saya percaya jika itu bernilai positif akan menjadi besar nantinya untuk saya ataupun mereka.

Mari berbagi untuk saling mencerdaskan.

 

6 thoughts on “openSUSE.Asia Summit 2016 : Momen berharga untuk berbagi

Leave a Reply

