Bekerja bersama GIMP

Apakah kalian seseorang yang hobby dengan manipulasi Foto, edit-edit foto, atau memang bekerja dibidang yang tak lepas dari foto dan aplikasi editnya ?. Semua orang pasti tahu photoshop dan mayoritas mereka menggunkan software ini untuk pekerjaannya, disisi lain juga ada GIMP yang memiliki kemampuan tidak jauh berbeda dengan photoshop.

Setiap pribadi manusia memang memiliki kesadaran masing-masing atas penggunaan legal dan illegal suatu software aplikasi. Menyangkut hal tersebut saya ingin membagikan beberapa pengalaman saya setelah hijrah ke FOSS (Free Open Source Software) khususnya GIMP.

Saya sangat suka dengan desain, photography dan manipulasi. Sejak awal belajarpun saya dikenalkan dengan photoshop, mulailah sedikit berkembang bakat dan merasa asik dengan photoshop, tak lepas dari keasikan itu melahirkan karya yang melhirkan gelar Juara 1 dan order kecil-kecilan dari sekolah maupun tetangga.

5 tahun sudah saya bergelut dengan produk adobe, windows dan corel, namun semua itu illegal hingga dimana saya mendapatkan hidayah (alhamdulah) dan mulai beralih untuk mendapatkan kebarokahan dari rizky yang saya dapat. Awalnya memang sulit dan hampir prustasi, karena secara tool ada yang sama, ada yang tidak. Coba kalian ingat kata-kata “ala bisa karena biasa”, ini saya anggap sebagai sebuah proses pembiasaan sepertihalnya jika kalian spontan di suruh menulis dengan tangan kiri apakah hasilnya akan bagus ?, saya yakin hasilnya jelek dan waktu yang diperlukan lebih lama dari menulis dengan tangan kanan.

Proses yang membawa kita ketahap yang lebih baik, dan bagaimana cara kita untuk mendapatkan hasil yang sama. Saya contohkah dengan angka 3, angka 3 bisa di hasilkan dari 1+2=3 atau 8-5=3 atau 1+1+1=3. Dari contoh tersebut dapat diambil kesimpulan yang penting hasilnya 3, mau bagaimana cara yang penting hasilnya 3, walaupun tool/fiture dalam GIMP ada yang berbeda dengan photoshop yang penting kita bisa tidak menghasilkan karya yang sama dengan karya yang di hasilkan photoshop.

Berikut ini adalah beberapa hasil yang manipulasi dan desain menggunakan GIMP

1. Desain Prewedding X banner

xbanner mOck up upy

2. Digital Imagine Prewedding

DI-prewedding

Untuk karya yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena sembari mencari(meraba) menu-menu, tools, dan effect dari GIMP. Dibawah ini adalah gambar-gambar asli dari karya di atas

stockfoto

3. Digital Imagine Product

DI-Street's-Milk-resize

Yups.. inilah beberapa pengalaman bekerja bersama GIMP

Sebagai bahan share untuk belajar saya sertakan file .xcf yang bisa di unduh

1. Digital Imagine Prewedding Unduh

2 Digital Imagine Product Unduh

 

Semoga bermanfaat 🙂

Mari berbagi dan saling mencerdaskan

Advertisements

9 thoughts on “Bekerja bersama GIMP

  1. Wah, keren mas. Alhamdulillah saya juga sudah hampir 4 tahun menggunakan software open source semacam gimp dan inkscape. Memang awalnya harus adaptasi, tapi setelah itu rasanya jadi sama saja dengan menggunakan photoshop atau coreldraw, malah lebih asik. Dan berkah tentu saja 🙂

    Like

      1. saya dari dulu saya ga terlalu rajin mas, .. desain jg ga bagus2 amat hihihi. cuma pinter nge-tracing kalau vector.

        2 bulan ini sedang tertarik dg bahasa pemrograman, lagi belajar dasar C/C++ sama Pascal (tepatnya sih pakai FreePascal).

        Like

      2. emang sih, PHP lebih langsung bisa di terapkan buat kerja.. 😀 apa lagi kalau lihat prospeknya sekarang dan ke depan.. masih cerah programer PHP.

        aku sih belajar algoritmanya dulu :malus c/c++ dan freepascal saya cuma sebagai alat penerapannya saja.. toh, semua bahasa itu sama, yg beda cuma syntax nya..

        saya selalu ingat tips kang Ade Malsasa. Kalau belajar Pemrograman itu kalau bisa fokus dulu ke 1 bahasa.

        Like

  2. Kalau orang habit dengan desain memang hasilnya jauh lebih kreatif dan lebih hidup, sedang saya menggunakan Gimp dan Inkscape sekedar untuk mengedit dan membuat ikon untuk game.
    Habit saya di pemrograman, maklum masih solo dev.
    Pokonya great bgt. Ijin share ya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s